TUGAS BAHASA INDONESIA

Rafi Puspa Sayekti
Sastra Inggris V.606




REVIEW BUKU



Judul Buku : Fatwa-Fatwa: Menjawab Masalah Masalah Wanita
Penulis : Syaikh Ibn Baz, Syaikh Ibn Utsaimin, Syaikh Ibn Jibrin
Penerbit : Pustaka Madani, Bandung
Cetakan :  Cetakan 1, Januari 2000
Jumlah : 285 halaman

Buku yang ditulis Syaikh Ibn Baz dkk ini, bertujuan untuk menjawab masalah-masalah yang dihadapi kaum muslim, lebih spesifik lagi kaum muslimah, baik permasalahan yang sederhana maupun permasalahan yang rumit.
Buku yang bertajuk Fatwa-fatwa ini menjawab berbagai pertanyaan yang kerap muncul dari kaum wanita dalam menjalankan kehidupan yang sesuai dengan syariat. Dan jawaban atas semua ini dihimpun oleh para ulama terpercaya yang juga ahli hadis dengan mengambil pijakan pada sunah Rasul, hadis yang shahih, serta Al-Qur'an.
Diawali dengan profil ketiga penulis, buku ini tersusun rapi dari satu bab ke bab yang lain. Dengan cetakan yang sederhana namun menggugah untuk dibaca. Demikian pula desain sampulnya.
Bab pertama, "Yang Menghapus Keislaman"
Bab ini menjelaskan hal-hal yang dapat menghapus keislaman seseorang. Dengan format yang singkat, padat, namun jelas dan menjurus pada inti pembicaraan, kita akan sangat mudah mencerna maksud setiap poinnya. Akan tetapi, antara judul sub bab dan isi di dalamnya terdapat ketidaksesuaian. Dimana, pada judul tercetak '2 jenis kemunafikan', sedangkan pada isinya terdapat 6 poin jenis kemunafikan.
Bab 2. "Akidah"
Membahas akidah-akidah manusia dalam kehidupan sehari-hari seperti sholat, kematian, adab ziarah kubur, najis, dan lain sebagainya.
Bab 3. "Ilmu Pengetahuan"
Pada bab ini, hanya terdapat satu pertanyaan  saja. Padahal dalam ranah ilmu pengetahuan, sangat banyak perkara-perkara yang masih rancu dan perlu dipertanyakan.
Bab 4. "Bersuci"
Bab ini mengurai permasalahan wanita dalam hal mensucikan diri sebagai seorang muslimah.
Bab 5. "Haid dan Nifas"
Ini adalah bab yang membahas persoalan-persoalan yang hanya terjadi pada kaum wanita. Yaitu haid dan nifas. Banyak sekali pertanyaan mengenai hal ini, sedikitnya 25 pertanyaan terlontarkan pada buku Fatwa-fatwa ini.
Bab 6. "Sholat"
Pada bab ini, diuraikan lebih lebar lagi tiang agama, yaitu sholat. Dalam bab ini terdapat 42 pertanyaan. Memang muslim dalam beribadah khususnya sholat, amat sangat banyak persoalan-persoalan yang masih simpang siur kebenarannya. Karena ada berbagai macam pendapat mengenai adab-adab sholat. Jawaban-jawaban yang diberikanpun lebih memilih jalan tengah dengan menyertai bukti-bukti seperti ayat Al-Quran dan hadis, agar para pembaca dapat memahami asal dari berbagai pendapat tersebut.
Bab 7. "Haji dan Umrah"
Bab ini membahas berbagai permasalahan wanita dalam menjalankan haji/umrah.
Bab 8. "Kurban"
Membahas aturan-aturan seorang muslimah dalam menjalankan ibadah kurban.
Bab 9. "Pernikahan"
Membahas segala hal yang berkaitan dengan pernikahan, dari keutamaan menikah, poligami, hubungan suami istri, perceraian, masa iddah, hingga menyusui.
Bab 10. "Sumpah dan Nazar"
Membahas dengan rinci segala sesuatu yang berkaitan dengan sumpah dan nazar.
Bab 11. "Pakaian dan Perhiasan"
Sebagai seorang wanita, memperindah diri menjadi hal wajib yang harus dilakukan. Karenanya, banyak persoalan yang masih diperdebatkan dalam hal ini. Seperti memakai perhiasan, semua persoalan tentangnya telah dikupas habis dalam bab ini.
Bab 12. "Berbagai Masalah"
Maksud dari berbagai masalah pada bab ini adalah, masalah-nasalah kecil yang seringkali disepelekan padahal sangat penting dalam syariat islam.
Nah, kurang lebih begitulah ulasan-ulasan dari judul buku diatas. Secara umum, pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan sesuai dengan realita dan memang benar-benar masih dipertayakan. Jawaban-jawabannyapun selalu dilampiri dengan ayat Al-Quran atau hadis, agar para pembaca makin yakin dengan jawaban yang diberikan. Namun yang perlu ditekankan disini, banyak sekali kalimat yang masih menggantung dan membuat rancu gambaran si pembaca dalam mencerna makna dari kalimat tersebut.
Dibagian buku paling akhir, terdapat daftar istilah kata yang dianggap asing atau mungkin tidak dimengerti oleh pembaca. Secara keseluruhan buku ini memang tepat untuk membantu mengatasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi kaum wanita. Sangat bermanfaat.

Komentar